Lab. Elektronika Universitas Lampung

Beranda » Dokumentasi Laboratorium Elektronika » Alat-alat Tugas Akhir Mahasiswa » Mahasiswa Teknik Elektro UNILA Membuat E-Voting

Mahasiswa Teknik Elektro UNILA Membuat E-Voting

E-Voting

E-Voting

Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) Nur Syfarudin mendemonstrasikan electronik vote machine (EVM) seri 2 atau alat elektronik untuk menghitung suara pemilihan umum (pemilu), Jumat (27/5) di Laboraturium Teknik Elektronika Unila. Karya yang merupakan riset skripsi Syafrudin ini merupakan kelanjutan EVM yang dibuat Hisan Rasip pada 2010.

Acara “Sosialisasi dan Demo EVM Unila Seri 2 Untuk Pemilu, Pilkada dan Pilkades” ini dihadiri dua dosen pembimbing, yaitu M. Komarudin, S.T , M.T (TEKNIK ELEKTRO) dan Syarifudin (FISIP) ketua Himpunan Mahasiswa (Hima) Elektro, Ketua Dewan Pimpinan Mahasiswa (DPM), dan lain-lain.
Karya EVM ini berawal dari gagasan laboraturium politik dan otonomi daerah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila pada tahun 2010. Pengajar FT kemudian mengembangkan dan mengimplementasikan di laboratorium Teknik Elektronika , dan melibatkan mahasiswa yang tertarik menulis skripsi tentang EVM. Kehadiran EVM diharapkan dapat membantu pelaksanaan pemilu, pemilihan kepala daerah (Pilkada), atau pemilihan kepala desa (pilkades). Menurut Syafarudin, EVM dapat menghemat biaya kertas, kotak suara, dan waktu.

EVM juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas demokrasi langsung, menarik massa menggunakan hak pilih, menekan golongan putih (golput), dan meningkatkan pencitraan penguasaan teknologi bagi rakyat, yang sebelumnya melakukan cara tradisional yaitu mencoblos atau mencontreng.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: