Lab. Elektronika Universitas Lampung

Beranda » Informasi Tentang Laboratorium Elketronika » SOP Lab » STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) MANAJEMEN LABORATORIUM T. ELEKTRONIKA

STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) MANAJEMEN LABORATORIUM T. ELEKTRONIKA

STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)

MANAJEMEN LABORATORIUM T. ELEKTRONIKA

1.      TUJUAN :

  1. Untuk mengoptimalkan peranan laboratorium dalam mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Untuk meminimalisasi dampak negatif yang mungkin timbul dari kegiatan laboratorium, baik terhadap keselamatan dan kenyamanan kerja, kesehatan, dan lingkungan.

2.      RUANG LINGKUP :

  1. Pengelola laboratorium
  2. Manajemen fasilitas laboratorium
  3. Manajemen kegiatan laboratorium
  4. Keuangan laboratorium
  5. Data dan dokumen
  6. Keselamatan di Laboratorium

3.      DEFINISI :

  • Laboratorium merupakan unit (unsur) pelaksana teknis yang berada di bawah jurusan sebagai penunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  • Pengelola laboratorium adalah penyelenggara kegiatan laboratorium yang terdiri dari kepala laboratorium, laboran, teknisi dan petugas kebersihan.
  • Fasilitas laboratorium adalah sarana dan prasarana yang digunakan untuk  memperlancar kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
  • Kegiatan laboratorium adalah seluruh aktivitas yang berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di laboratorium.
  • Keuangan laboratorium adalah dana yang diterima dari universitas dan sumber lain yang sah serta pengeluarannya
  • Data dan dokumen adalah informasi yang terkait dengan laboratorium dan kegiatan yang dilaksanakan.
  • Penanggung jawab adalah dosen PJ Pratikum bila kegiatan Praktikum, Dosen pembimbing bila penelitian skripsi dan ketua bila kegiatan penelitian atau pengabdian kepada masyarakat.
  • Keselamatan dan keamanan Laboratorium mencakup tentang keselamatan dan keamanan baik terhadap pengguna peralatan dan gedung laboratorium.

4.      REFERENSI :

  1. Peraturan Akademik dan Kode Etik Universitas Lampung 2005/2006.
  2. Panduan Laboratorium Bermutu Universitas Lampung 2004.

5.      DISTRIBUSI :

Semua Jurusan yang memiliki laboratorium dan fakultas di lingkungan Universitas Lampung  (Unila)

6.      PROSEDUR :

6.1. Pengelola Laboratorium:

6.1.1. Kepala laboratorium dipilih melalui rapat jurusan, selanjutnya diusulkan ke fakultas untuk memperoleh persetujuan senat dan diangkat berdasarkan SK rektor untuk masa jabatan tertentu dan dapat diangkat kembali untuk 1 periode berikutnya.

6.1.2. Laboran, teknisi laboratorium, dan petugas kebersihan diangkat berdasarkan SK Dekan atas usulan ketua jurusan, dengan mempertimbangkan kesesuaian kemampuan yang bersangkutan dengan kegiatan laboratorium.

6.1.3. Pemilihan Calon Kepala Lab  dilakukan minimal 3 bulan sebelum masa jabatan Kepala Laboratorium berakhir.

6.2.      Manajemen Fasilitas Laboratorium:

6.2.1.  Pengelola laboratorium mendata seluruh fasilitas yang dimiliki serta menyediakan informasi berkenaan dengan fasilitas laboratorium yang dapat diakses oleh pengguna laboratorium.

6.2.2.  Pengelola laboratorium memelihara fasilitas untuk menjamin keberlangsungan laboratorium.

6.2.3.  Pengelola laboratorium membuat laporan tertulis tentang fasilitas laboratorium setiap semester dan menyerahkannya ke ketua jurusan.

6.2.4.  Pengelola laboratorium menyusun rencana pengembangan fasilitas laboratorium secara berkala setiap awal semester, dan menyerahkannya kepada ketua jurusan.

6.2.5.  Pengelola laboratorium membuat usulan perbaikan  fasilitas laboratorium setiap awal semester dan menyerahkannya ke ketua jurusan.

6.3. Manajemen Kegiatan Laboratorium:

6.3.1.  Pengelola laboratorium menyusun tata tertib/persyaratan penggunaan laboratorium.

6.3.2.  Pengelola laboratorium mengatur jadwal penggunaan laboratorium setiap semester.

6.3.3.  Pengelola laboratorium menyusun petunjuk penggunaan peralatan laboratorium  dengan jelas dan mudah diakses.

6.3.4.  Pengelola laboratorium mengawasi seluruh kegiatan yang dilaksanakan, membuat laporan tertulis tentang kegiatan laboratorium setiap semester, dan menyerahkannya kepada ketua jurusan.

6.4. Manajemen Keuangan Laboratorium:

6.4.1.  Pengelola laboratorium mengajukan usulan dana untuk pelaksanaan kegiatan dan pengembangan laboratorium ke fakultas melalui jurusan.

6.4.2.  Laboratorium yang memperoleh dana dari hasil kerjasama dengan pihak di luar Unila memberikan fee ke Jurusan sesuai ketentuan yang berlaku.

6.4.3.  Pengelola laboratorium mempertanggungjawabkan laporan keuangan dalam rapat dosen di jurusan setiap semester.

6.5. Manajemen Data dan Dokumen:

6.5.1.    Setiap dokumen yang dimiliki dan atau diterima Laboratorium harus jelas tanggalnya dan dicatat dalam buku kendali dokumen. Buku kendali dokumen berisi antara lain nomor urut, Jenis dokumen (SK, data akademik mahasiswa, jurnal, makalah, dokumen dosen, dsb.), Judul dokumen, Kode dokumen (merujuk pada pengkodean penyimpanan dokumen).

6.5.2.    Setiap dokumen yang dimiliki dan atau diterima Laboratorium harus tersimpan pada file dokumen sesuai dengan kode pengarsipan dokumen, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

6.5.3.    Kode pengarsipan dokumen dibuat sedemikian rupa sehingga memudahkan penyimpanan dan pemanggilan kembali dokumen dan data tersebut. Dokumen yang perlu diarsipkan di laboratorium meliputi dokumen administrasi laboratorium, dokumen dan data dosen, laboratorium, inventaris laboratorium, dll. Teknik pengkodean dokumen laboratorium diserahkan kepada laboratorium.

6.5.4.    Dokumen laboratorium dapat disimpan baik secara manual (salinan tertulis) dan atau secara digital.

6.6. Keselamatan dan Keamanan Laboratorium

6.6.1.      Pengelola laboratorium harus menginformasikan kepada pengguna tentang pengetahuan prosedur saat bahaya, kondisi, hal-hal dan semua tentang potencial bahaya termasuk juga didalamnya bagaimana menggunakan peralatan pelindung.

6.6.2.      Kecelakaan kerja pada saat kegiatan laboratorium akibat kelalaian yang dilakukan sehingga berakibat cidera fisik atau kematian oleh pengguna menjadi tanggung jawab pengguna laboratorium sepenuhnya.

http://www.ziddu.com/download/16782060/SOPMANAJEMENLABELEKTRONIKA2011.pdf.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: